Jeritan Hati seorang "Bintang" . . . .

Jumat, 06 Februari 2009

Unicorn


Unicorn, seperti halnya Pegasus adalah legenda. Namun, di masa lalu (mungkin juga pada saat ini) unicorn dianggap sebagai makhluk yang nyata.
Unicorn umumnya digambarkan sebagai kuda putih yang memiliki satu tanduk panjang di dahinya. Walau begitu, di beberapa tempat, wujud dan sifatnya bisa berbeda-beda. Di dunia barat, Unicorn dianggap liar dan sulit dijinakkan. Di timur, sebaliknya, Unicorn digambarkan penuh kedamaian dan membawa keberuntungan. Di Jepang ia disebut Kirin, sedangkan di Cina Kilin. Tentu saja dengan bentuk yang berbeda dengan Unicorn barat.

Unicorn berasal dari bahasa Ibrani, re'em (tanduk) yang kemudian berubah menjadi Unicorn dalam Bahasa Inggris yang berarti tanduk tunggal.

Menurut sejarah, adalah sejarawan Yunani kuno bernama Ctesias yang pertama menyebut tentang Unicorn pada 398 M. Menurutnya, Unicorn hidup di sekitar India dan bentuknya bagaikan kuda besar bertanduk tunggal. Banyak yang percaya, tanduk Unicorn berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan memusnahkan segala racun.

Lalu, bagaimana penjelasan yang masuk akal tentang legenda Unicorn? Menurut para ahli biologi dan sejarah, Unicorn adalah penggambaran berlebihan dari badak, kuda, dan narwhal (ikan paus bertanduk). Sedangkan khasiat tanduk Unicorn tidak lebih hanyalah kepercayaan kuno yang tak pernah bisa dibuktikan.

Bagaimana dengan pendapat kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar