Jeritan Hati seorang "Bintang" . . . .

Jumat, 06 Februari 2009

Easter Land


Pulau Paskah (Easter Land) merupakan sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik Selatan. Aslinya pulau kecil ini sama saja dengan pulau-pulau lain di sekitarnya. Namun, ada satu hal atau ciri khas yang membuat Pulau Paskah jauh lebih terkenal dibanding pulau lainnya. Ciri khas tersebut adalah patung raksasa yang tersebar di seluruh penjuru pulau tersebut. Patung-patung tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan dan misteri.
Berikut ini adalah beberapa teori yang telah dilontarkan, untuk menguak misteri patung raksasa Pulau Paskah yang dikenal sebagai Moai.

Teori Thor Heyerdahl
Thor Heyerdahl adalah seorang penjelajah asal Norwegia, yanh berhasil mencapai Pulau Paskah dengan menggunakan rakit dari daratan Amerika Selatan. Dengan demikian, ia berkeyakinan kalau penghuni Pulau Paskah berasal dari benua besar tersebut. Secara tegas ia menyatakan penduduk pulau tersbut adalah keturunan suku Inca dari Peru.

Pendapat ini didasarkan pada kesamaan antara patung-patung dan legenda dari kedua suku bangsa tersebut. Satu hal lagi, patung-patung Pulau Paskah dibangun di pantai-pantai Pulau Paskah, selalu menghadap ke Amerika Selatan. Hal ini disengaja oleh pembangunnya dahulu untuk memperingati kedatangan leluhur mereka dari Peru.

Teori Alien
Teori ini menyatakan bahwa penduduk Pulau Paskah membangun patung raksasa untuk mengenang salah satu leluhur mereka. Leluhur mereka itu, diyakini bukan berasal dari Bumi.

Konon, menurut legenda kuno, datanglah seorang dewa yang turun dari langit. Dewa itu datang dengan kereta bersinar dengan tujuan mengajarkan pengetahuan pada warga setempat. Dewa tersebut juga menikah dengan salah satu warga. Setelah beberapa lama, dewa tersebut kembali ke dunianya di langit, juga denan kereta bersinar.

Untuk mengenang kebaikan dewa tersebut dibangunlah patung raksasa, yang mirip dengan wajah dewa tersebut. Menurut penelitian para ahli diperkirakan dewa tersebut adalah sejenis makhluk asing (alien) dari angkasa luar.

Teori Atlantis
Menurut legenda, ada sebuah benua bernama Atlantis di masa lampau. Benua tersebut diyakini dihuni bangsa yang berkebudayaan tinggi.

Pada suatu waktu, benua tersebut hancur dilanda bencana. Beberapa orang penghuninya berhasil lolos dari bencana tersebut. Mereka yang selamat menyebar ke berbagai penjuru Bumi.
Salah satunya berhasil mencapai Pulau Paskah. Untuk mengenang asal usul mereka, dibangunlah patung raksasa yang menghadap ke tempat Benua Atlantis pernah ada.

Nah, teori mana yang kalian percaya??
Kemukakan pendapat kalian padaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar